Kiat Menulis Cerpen

Label:


Tips 1:
Carilah Sebuah Inspirasi.
Inspirasi itu bisa datang kapan saja, dimana saja. Entah itu dari lingkungan sekitar, pemandangan yang sedang dilihat atau sesuatu yang sedang kamu rasakan. Bisa juga inspirasi datang dari cuhatnya orang lain (bagi oarang yang suka dengerin dan jadi wadah untuk curhat.) hehehe...

Tips 2:
Buatlah Sebuah Skema atau Sketsa Cerpen.
Nah ini juga penting. Membuat Skema atau Sketsa untuk membentuk sebuah cerpen itu lebih mudah dari pada langsung membuatnya karena jika kamu langsung membuat cerpen tanpa sketsa bagaimana cerita itu akan berjalan, dan bagaimana alurnya, settingnya, dan lain-lain, pasti hasilnya akan jelek. Yaaahhh bukannya jelek tapi kurang menarik.

Tips 3:
Mulai Tuangkan Ide (Sketsa) Kedalam Tulisan.
Setelah Tips Kedua sudah di jalankan dan mendapatkan sebuah gambaran, baru mulailah menuangkan ide itu kedalam tulisan. Kembangkan imajinasi tersebut kedalam tulisan. Buatlah kata sebagus mungkin, sehingga dapat menarik si pembaca tersebut untuk terus membaca dari awal hingga akhir. Untuk pemula, menulis sebuah cerita tidak usah yang tinggi-tinggi dulu, cobalah dari bawah. Menceritakan lingkungan setempat minimal bisa membuat 1 lembar cerita. Atau buatlah cerita dari curhatan sendiri. Cobalah menulis sebisa kamu, dan gali terus potensi menulis. Karena semua orang mempunyai bakat menulis, tinggal kitanya aja mau mengasah bakat itu dan menggalinya terus atau tidak.

Tips 4:
Buatlah Sebuah Kejutan.
Tak heran, semua orang pasti suka dengan kejutan. Entah itu senang sedih atau malah keduanya?. Hehehe... itu hanyalah sebuah ungkapan yang ada di dunia nyata. Nah dalam dunia tulis menulis sebuah cerita hampir sama dengan dunia nyata yaitu, si penulis harus memberikan sebuah kejutan untuk pembaca, agar pembaca atau reader menjadi penasaran dan ingin terus membaca. Seperti drugs aja ya hehehe... next!.
Cara membuat sebuah kejutan itu harus dengan timing yang pas. Jangan asal, karena sebuah kejutan itu pati akan membuat sebuah tanda tanya bagi pembaca. Seperti ‘Lho kok bisa seperti ini?’, ‘Kok bisa?’, dan yang lain-lain. Nah di situlah letak menariknya sebuah cerita, selalu memberikan kejutan yang ngga terduga.

Tips 5:
Hanyutkan Pembaca dalam Cerita
Nah ini bagian paling penting dari semuanya. Bagian ini adalah bagian dimana si penulis harus pintar-pintar membuat sebuah cerita yang bisa melibatkan pembaca atau reader itu, entah itu perasaan, imajinasi, pikirannya atau hal-hal yang membuat pembaca itu hanyut dalam sebuah cerita.
Pertanyaannya adalah, gimana caranya bikin pembaca itu terhanyut?. Itulah pertanyaan yang sering saya dengar dari teman-teman saya.
Nah perkenankan saya yang sebagai orang awam ini membarikan sebuah trik yang saya punya. Jujur saya belajar menulis ini hanya otodidak alias ngga ada yang ngajarin. Hehehe... selanjutnya.
Baagaimana caranya bikin pembaca itu terhanyut?. Caranya mungkin seperti ini menurut saya. Setelah saya membaca sebuah cerpen, novel, cerbung dan lain sebagainya milik penulis sastra yang sudah mendunia, saya menggaris bawahi bahwa sebuah cerita bisa membuat pembaca atau readernya itu hanyut dalam sebuah cerita itu berdasarkan dari sebuah kata-kata yang menggambarkan keadaan sekeliling kita. Nah, sekarang udah taukan caranya tinggal kembangin imajinasinya sendiri-sendiri dan jangan lupa membaca. Karena setiap kita membaca kita akan mendapatkan sebuah ilmu. Weeeiizzz tinggi banget omongannya, hehehehe....

Tips 6:
Sering membaca.
Mungkin Tips yang ini banyak yang ngga suka. Karena generasi sekarang itu ngga suka baca. Hanya beberapa saja yang masih mau. Huft, mau jadi apa bangsa kita ini jika generasinya ngga suka dengan membaca. Neeext!
Nah dengan kita membaca, kita memungkinkan dapat mendapatkan sebuah kata yang indah yang bisa kita terapkan di cerita kamu buat nanti. Dan dari membaca juga kita akan mendapatkan inspirasi secara tiba-tiba. Banyak lagi deha keutamaan dan hasil dari kita membaca. Dan tips ini wajib untuk dilakukan dan di pterapkan jika ingin menjadi seorang penulis atau yang nanti akan bekerja sebagai repoter ataupun yang cita-citanya menjadi Host dan MC. Hehehehe

Tips 7:
Seringlah berlatih dan Semangat.
Untuk menjadi seorang penulis, reporter, pewawancara, ataupun Host/MC tidak mungkin tidak melalui tahapan yang dinamakan tahap berlatih. Nah semua orang harus giat berlatih agar menjadi yang terbaik diantara yang terbaik. Untuk itu jangan pernah putus asa dan teruslah berlatih.
Semangat!.

0 komentar: